Perlu kamu ketahiu Algoritma Google terbaru 2023 merupakan update algoritma Google yang menjadi rujukan SEO website. Selain itu, Google Algorithm atau Algoritma Google selalu mengalami pembaruan dan perbaikan dari waktu ke waktu.
Tujuannya untuk memperbaiki masalah yang ada dalam pencarian dan juga untuk meningkatkan kualitas layanan. Sehingga para pengguna Google akan merasa puas ketika menggunakan mesin pencari Google.
Nih Tsunami Fakta! Bahwa perkembangan upgrade algoritma pencarian dalam server Google menunjukkan bahwa dalam 1 tahun terdapat sekitar 500 – 600 pembaruan pada algoritma Google. Dan upgrade algoritma tersebut terjadi secara terus menerus dan konsisten sehingga Google menjadi mesin pencari terbesar dan terbaik saat ini.
Contohnya ketika pengguna internet mengetikkan kata kunci algoritma google terbaru 2023, dalam hitungan detik Google langsung menampilkan website-website yang relevan sebagai jawaban atas kata kunci tersebut.
Pertanyannya?
Apakah strategi SEO website kamu sudah sesuai dengan algoritma google terbaru? Jika belum, segera sesuaikan website kamu dengan algoritma google terbaru. Supaya optimasi SEO website kamu bisa lebih maksimal sesuai dengan kamu harapkan. Untuk selengkapnya silakan lanjutkan bacaannya ya…
Apa itu Algoritima Google?
Algoritma Google adalah serangkaian langkah-langkah atau prosedur yang menjadi stkamur Google untuk melakukan perhitungan, pemrosesan data, dan penalaran secara otomatis. Dengan adanya algoritma maka pengolahan sebuah data akan lebih cepat dan efisien. Sehingga Google mampu memberikan jawaban yang tepat dalam hitungan detik kepada orang yang sedang bertanya kepada Google.
Selain itu, Algoritma Google adalah sistem ranking yang dibuat oleh Google untuk menampilkan hasil pencarian yang paling relevan dengan kata kunci yang diketikkan oleh pengguna. Dengan kata lain, jika kamu mematuhi algoritma ini, maka kemungkinan ranking website mu akan ada diperingkat yang tinggi.
Nah ini yang perlu kamu waspadai.
Algoritma yang digunakan oleh mesin pencari Google terus mengalami perubahan dan pembaruan setiap waktu. Hal inilah yang terkadang tidak kita sadari meskipun kita begitu sering memanfaatkan Google. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, pembaruan algoritma oleh Google jadi semakin sering dilakukan.
Menurut Search Engine Journal, algoritma pencarian Google adalah sistem kompleks yang memungkinkan Google untuk menemukan, memberi peringkat, dan mengembalikan halaman yang paling relevan untuk kata kunci pencarian tertentu.
Selain itu, dikatakan juga bahwa algoritma adalah sistem ranking yang dibuat oleh Google untuk menampilkan hasil pencarian yang palung relevan dengan kata kunci yang dicari.
Hal tersebut dilakukan agar algoritma google ini bisa terus mengikuti zaman yang berkembang dan maju. Lalu, apa saja ya jenis-jenis algoritma? berikut pembahasannya.
Untuk itu kami akan membantu kamu memahami algoritma terbaru Google di tahun 2023 ini.
Algoritma Helpful Content Mendominasi Tahun 2023
Di awal tahun 2023 ini Google merilis secara global algoritma helpful content. Algoritma terbaru Google ini menjadi algoritma yang cukup merepotkan banyak SEO Specialist karena algoritma ini membuat ada banyak halaman website yang deindex dari sistem Google.
Google membuat algoritma terbaru ini memang dengan tujuan untuk mengurangi beban index mereka. Hal ini dikarenakan sistem pengindeksan mereka sudah kewalahan untuk mengimbangi sistem crawling (prayapan) dalam 2 tahun terakhir.
Jadi jika dulu halaman kamu akan auto terindeks jika sudah dirayapi oleh Google, maka saat ini tidak lagi seperti itu. Google saat ini memberlakukan status Crawled but not indexed. Jadi halaman website kamu tidak serta merta terindeks hanya karena sudah dirayapi oleh Google.
Tujuannya agar Update algoritma Google 2023 masih berfokus pada konten yang bermanfaat. Google telah melakukan update konten yang bermanfaat dan link spam pada bulan Desember 2022. Dari update konten yang berkualitas dan link spam tersebut telah merubah posisi rangking banyak website di berbagai bidang bisnis. Sehingga para pemilik web perlu melakukan penyesuaian SEO website mengikuti update algoritma Google terbaru.
Algoritma Google adalah sesuatu yang sangat penting untuk dipahami oleh semua SEO Specialist. Jika kita tidak memahami cara kerja algoritma Google yang terbaru, maka tentunya kita akan sangat sulit untuk bisa ranking di hasil pencarian.
Apakah Traffic Website Kamu Anjlok Tahun Ini?
Sejak Google merilis algoritma terbaru helpful content ini, kita sering melihat naik turunnya peringkat secara besar-besaran yang terjadi. Naik turun peringkat dalam skala besar ini pasti dong ada penyebabnya. Berikut ini beberapa penyebab naik turunnya Traffic website kamu:
Banyak Website yang Kehilangan Backlink
Penyebab utama dari banyaknya peringkat yang drop di paruh pertama tahun 2023 ini adalah banyaknya website yang sudah tidak berminat lagi memperpanjang website mereka di tahun 2023. Mereka menyerah karena ada banyak sekali halaman website mereka yang deindex.
Sebagai akibat dari banyaknya website yang drop ini, maka tentunya muncul banyak spot kosong di hasil pencarian Google yang ditinggalkan oleh website-website ini; dan ini mengakibatkan rotasi peringkat yang besar-besaran di banyak kata kunci pencarian di Google.
Bukan hanya itu saja. Banyaknya website yang drop ini tentunya juga membuat banyak website kehilangan backlink; dan ini membuat Google harus melakukan kalkulasi ulang untuk penentuan peringkat.
Banyak Website yang Kehilangan Kualitas SEO On-Page
Dalam pengamatan kami; ada banyak website yang saat ini kehilangan jumlah halaman terindeks dalam skala yang sangat besar. Misalnya salah satu website yang pernah kami optimasi dalam pemasangan backlink sebelumnya mempunyai sekitar 400an halaman terindeks. Namun saat ini jumlah halaman yang terindeks dari website ini hanya 123 halaman saja.
Ini adalah jumlah halaman yang terindeks dan tidak terindeks sama mesin crawl Google, sehingga sangat besar dan tentu saja sangat mempengarui bobot On-Ppage website tersebut. Hal ini berdampak besar untuk posisi mereka di kata kunci yang mereka targetkan… Hingga terjun bebas posisi 50-an dipencarian Google.
Halaman-halaman mereka yang sebelumnya berstatus terindeks berubah menjadi Di-crawl – saat ini tidak diindeks (crawled – currently not indexed). Jadi jika saat ini peringkat website kamu drop, mungkin kamu mau mencoba mengecek laman search console website kamu. Siapa tahu ada banyak halaman yang berubah status seperti gambar di bawah ini.
Bagaimana Menghadapi Algoritma Terbaru Google Ini?
Sudah sangat jelas tujuan dari Google merilis algoritma helpful content ini adalah untuk memerangi thin content atau konten yang tidak memberi nilai tambah kepada pembacanya. Google melakukan ini bukan hanya untuk meringankan beban pengindeksan dari server mereka, tetapi juga sebagai bentuk antisipasi untuk mengatasi maraknya website yang dibuat menggunakan AI.
Jadi bagi kamu yang mengembangkan website menggunakan AI; sebaiknya kamu melakukan usaha ekstra untuk membuat tulisan AI kamu terlihat lebih wajar dan mempunyai nilai tambah untuk pembacanya.
Pertanyaan lainnya, kenapa ada website yang bertahan bahkan meningkat traffic-nya setelah update Google? Dan kenapa banyak yang anjlok?
Kalau melihat kesimpulan dari penjelasan algoritma Google terbaru saat ini, Google Search sudah semakin pintar untuk menghukum website yang Cuma untuk SEO kok.
Alias dibuat cuma sekedar untuk naik ranking tinggi supaya dapat traffic dari Google, tanpa ada value atau kebermanfaatan untuk pembaca.
Padahal panduan SEO dari Google nomer 1 mengatakan bahwa “konten yang dibuat harusnya bermanfaat, dapat diandalkan, dan mengutamakan pengguna“.
Artinya, mulai sekarang dan ke depannya, kalau mau membuat website yang disukai Google Search, kita harus memfokuskan website kita untuk pembaca manusia. Bukan sekadar untuk SEO.
SEO sekarang sudah semakin manusiawi: yang disukai manusia adalah yang disukai juga oleh Google.
Sudah tidak lagi bisa pakai taktik yang fokusnya hanya untuk bisa “mengalahkan” Google.
Secara spesifik, inilah beberapa pelajaran yang bisa kita ambil dari website yang bertahan & meningkat traffic-nya.
Apa yang harus dilakukan untuk membuat konten-konten kamu terlihat mempunyai nilai tambah? Berikut ini adalah beberapa usaha yang bisa kamu coba untuk membuat halaman website kamu yang deindex untuk kembali masuk dalam index Google…
Buat Website yang Spesifik Sesuai Niche
Ini paling penting. Kesamaan dari semua yang naik, adalah mereka punya tema website yang spesifik.
Mereka memiliki konten/membahas hal yang spesifik di tema website-nya. Tidak ada website yang punya kategori gado-gado, seperti berbagai website yang drop tersebut.
Hal ini penting karena sekarang Google merangking website berdasarkan topical authority-nya. Bukan sekadar yang isi konten & meta-nya mengandung target keywords semata.
Kalau website kita punya otoritas di sebuah tema/topik tertentu, kita akan lebih mudah me-ranking & dapat traffic di keywords terkait tema itu.
Kalau bikin konten gado-gado sangat syulit membangun otoritas di tema tertentu. Hasilnya, kita juga lebih sulit meranking.
Ingat ya, ada A, yaitu “Authority” (otoritas) pada E-E-A-T. Website kita harus memiliki tema konten yang fokus, agar bisa membangun otoritas terhadap topik/keywords yang diincar.
Miliki Personal Branding yang Relevan dengan Tema Website-nya
Seluruh website yang naik traffic-nya, punya nama brand yang dapat diingat, karena relevan dengan isi website-nya (contoh, InfoSEO yang membahas SEO, kalyanalaw.id yang membahas Konsultan Hukum).
Website yang drop tidak punya nama domain yang relevan, ada yang tidak punya branding-nya sama sekali. Ada yang memanfaatkan expired domain, berharap ada turbo ranking dari domain yang sudah punya riwayat, padahal faktanya tidak)
Pengguna lebih percaya dengan website yang memiliki nama, dan cenderung mengklik hasil dari website yang lebih dikenal. Artinya, Google menyukai website yang memiliki brand.
Bukan tanpa alasan, kebanyakan dari contoh website yang naik merupakan website perusahaan. Mereka memang dengan sadar membangun brand bisnisnya.
Website antah-berantah yang tidak jelas nama brand-nya, sekarang sudah tidak disukai oleh Google lagi.
Sudah waktunya bagi kamu untuk serius menulis konten dan membangun personal branding yang memang berkualitas dan bisa membantu orang-orang. Jika kamu tidak mau bersusah payah menulis konten yang berkualitas, maka sebaiknya tidak perlu melakukan SEO dari awal.
Ini bukan mau mematikan semangat kamu untuk membuat personal branding. Hanya saja jauh lebih baik jika kamu tidak melakukan sesuatu yang akan sia-sia saja nantinya. Tetap Berusaha dan Terus Semangat ya.. Kalo capek ya rebahan bentar, istirahat. Jangan Lupa Beribadah..
FAQ Tentang Algoritma Google Terbaru
[sc_fs_multi_faq headline-0=”h3″ question-0=”Bagaimana cara kerja algoritma Google?” answer-0=”Secara sederhana, Algoritma Google bekerja melalui sebuah kata kunci (keyword) yang dimasukan oleh penggunanya. Kemudian algoritma ini akan mencari website yang paling cocok serta relevan dengan kata kunci yang dicari oleh penggunanya.” image-0=”” headline-1=”h3″ question-1=”Apa itu algoritma mesin pencarian Google?” answer-1=”Menurut Mangools, algoritma pencarian Google adalah sistem kompleks yang memungkinkan Google untuk menemukan, memberi peringkat, dan mengembalikan halaman yang paling relevan untuk kata kunci pencarian tertentu.” image-1=”” headline-2=”h3″ question-2=”Kenapa algoritma Google selalu mengalami perubahan?” answer-2=”Algoritma Google memang terus berubah. Alasannya, Google ingin selalu meningkatkan kualitas hasil pencarian agar pengalaman penggunanya menjadi lebih baik. Nah, Anda perlu mengikuti perkembangan algoritma agar bisa menentukan strategi SEO yang paling tepat” image-2=”” headline-3=”h3″ question-3=”Algoritma apa saja yang digunakan oleh Google?” answer-3=”Macam-Macam Algoritma Google Google Panda, Google Venice, Google Penguin, Google Pirate, Google Hummingbird, Google Pigeon, Berbasis SSL/HTTP, Algoritma Mobile First Index (Mobilegeddon).” image-3=”” count=”4″ html=”true” css_class=””]