Dalam melakukan optimasi pada website kamu sendiri tidak terlepas dari yang namanya cara memilih keyword SEO. Sehingga, cara memilih keyword yang baik setidaknya ada beberapa hal yang harus kamu ketahui.
Cara memilih keyword seo itu mudah kok..
Karena tidak perlu membutuhkan biaya yang ngga banyak untuk belajarnya, SEO itu sendiri menjadi sebuah teknik pemasaran yang tak terlalu rumit.
Cukup analisis keyword, riset, serta update terhadap algoritma saja yang mesti kamu kembangkan bila kamu sudah memahami proses SEO itu sendiri.
Kalau kamu mau tahu bagaimana cara memilih keyword SEO, simaklah artikel ini.
Kami akan memberikan berbagai cara untuk kamu memilih keyword dan bisa jadi opsi untuk kamu bila ingin belajar SEO.
Karena itu penting juga untuk belajar secara mendasar bagaimana strategi SEO itu. Simak Artikel kami tentang: Strategi Penelitian Kata Kunci SEO.
Apa itu keyword dalam SEO?
Sebelum membahas tentang cara memilih keyword SEO yang tepat, mari kita pahami dulu apa itu kata kunci atau keyword dalam SEO.
Secara definisi Keyword ialah frasa atau kata tertentu yang diketikkan pengguna di laman pencarian.
Dalam konteks saat membuat konten, keyword itulah yang harus kamu cantumkan di dalam konten agar dapat terdeteksi oleh mesin pencari seperti Google.
Mesin pencari kemudian akan mengurutkan konten atau artikel berdasarkan hasil yang paling relevan dengan keyword yang diketikkan.
Singkatnya cara memilih keyword SEO adalah kata kunci yang dipilih sesuai dengan cara kerja SEO, sehingga konten yang memuatnya terdeteksi mesin pencari. Untuk memahami bagaimana cara kerja SEO silakan baca artikel kami tentang: Panduan Lengkap Belajar SEO untuk Pemula.
Nyatanya, cara memilih keyword SEO tidak mudah. Ada banyak sekali kemungkinan kata kunci yang diketikkan pengguna. Bahkan ribuan konten memiliki keyword yang sama, sehingga masing-masing harus bersaing dengan ketat.
4 Manfaat Penting Mengapa Cara Memilih Keyword SEO itu Mudah
Melakukan seo tanpa tahu apa mengapa cara memilih keyword SEO itu harus perlu dibidik sama saja dengan mengemudi tanpa tahu arahnya.
Sehingga tidak salah jika dikatakan memilih keyword itu adalah hal paling penting yang harus dilakukan dalam proses SEO. Berikut lima manfaat  penting yang menunjukkan kekuatan keyword.
Bisa Memaanfaatkan Keyword Difficulty
Keyword Difficulty adalah seberapa sulit sebuah kata kunci berada di halaman pertama mesin pencari. Poin ini umumnya menggunakan skala 0 hingga 100.
Semakin tinggi angka Keyword Difficulty, semakin sulit pula kata kunci tersebut menempati posisi pertama hasil pencarian. Ini juga berhubungan dengan seberapa banyak backlink yang diperlukan.
Semakin tinggi poinnya, banyak pula backlink yang diperlukan suatu konten. Maka pilihlah keyword yang memiliki keyword difficulty rendah.
Dapat Memperhatikan Keyword Volume
Keyword Volume atau Search Volume adalah suatu kata kunci yang menunjukkan berapa kali kata kunci itu dicari. Yang berupa dalam bentuk angka serta tidak ada batasan tentang jumlahnya.
Misalnya jika tampil angka 500 pada keyword volume. Artinya kata kunci dicari dengan jumlah tersebut dalam bulan terakhir, sehingga semakin tinggi volume-nya, sering pula dicari.
Bisa Menggunakan Keyword Suggestion
Saran yang diajukan sebuah tool saat riset disebut Keyword Suggestion. Berupa kata kunci yang berkaitan dengan yang Anda cari.
Misalnya saat meriset keyword ‘Pembersih Wajah’, maka akan muncul beberapa saran seperti:
Pembersih Wajah Alami
Pembersih Wajah untuk kulit berminyak, dll.
Keyword suggestion biasanya akan menampilkan kata kunci panjang atau long tail keyword, sehingga lebih menjurus dan tajam. Maka dapat ditemukan kata kunci yang lebih cocok dengan konten dan menarik banyak pengguna.
Kamu juga dapat menggunakan Keyword Suggestion sebagai kata kunci tambahan atau judul heading pada konten.
Bisa Memanfaatkan Search Engine Result Page (SERP)
SERP atau Search Engine Result Page adalah tampilan hasil pada halaman mesin pencari setelah keyword diketikan. Hasil dapat digunakan untuk menganalisa kekuatan sebuah kata kunci.
Hasil SERP juga menunjukkan konten seperti apa yang terdeteksi dimesin pencari hingga keyword tambahan yang dapat digunakan.
Jenis konten yang paling banyak dicari dan paling relevan tampil di urutan pertama atau Pejwan. Tidak selalu artikel, tetapi bisa saja video, toko online, atau review.
Beberapa fitur SERP berikut sangat berguna dalam menjalankan cara memilih keyword seo:
Gunakan Fitur Snippet
Fitur Snippet adalah rangkuman atau potongan kalimat dari artikel yang paling relevan dengan keyword. Pada tampilan SERP, snippet terdapat di bawah judul konten.
Dari snippet dapat diketahui bagaimana isi dan bentuk yang paling sesuai agar halaman web tampil di urutan atas. Fitur ini juga membantu membuat konten yang lebih berisi dan bagus.
Manfaatkan People Also Ask
Fitur ini terletak di tengah-tengah hasil pencarian. Berupa keyword atau pertanyaan yang berhubungan dengan kata kunci yang digunakan.
Biasanya fitur People Also Ask bisa dimanfaatkan sebagai keyword tambahan atau judul heading.
Perhatikan Related Searches
Fitur akan menunjukkan pencarian yang dilakukan user menggunakan keyword terkait. Saran yang tercantum dalam related searches dapat menjadi pilihan kata kunci utama atau tambahan.
Fitur ini ada dibawah hasil pencarian itu sendiri
Gunakan Panel Pengetahuan Umum (Knoledge Graph)
Fitur Knowledge Graph terdapat di sisi kanan atas halaman pencarian. Berupa info umum yang berkaitan dengan keyword. Bersumber dari situs-situs terpercaya yang disarankan mesin pencari.
Isi panel ini dapat dimanfaatkan untuk memperkaya konten. Misalnya pengertian, grafik, data dan fakta, dll.
Gunakan Paid Difficulty
Paid Difficulty menunjukkan tingkat persaingan suatu kata kunci pencarian berbayar. Poin ini juga ditampilkan dalam bentuk angka. Semakin tinggi nilainya, maka ketat pula persaingan keyword tersebut.
7 Cara Mudah Memilih Keyword Yang Tepat Dalam Strategi SEO Terbaik
Jika kamu  ingin websitemu menghasilkan peringkat dan pengunjung potensial, maka kamu perlu melibatkan kata kunci keyword yang berkualitas untuk buat suatu konten website.
Supaya konten kamu buat mendatangkan trafik berkualitas, kamu perlu melakukan 7Cara Mudah Memilih Keyword Yang Tepat untuk Strategi SEO Terbaik  kamu, yakni:
Tentukan Tujuan Niche Bisnis
Saat pertama kali kamu menjalankan pemasaran online tentu saja kamu harus sudah menentukan tujuan atau Niche bisnis kamu kan?
Atau ketika kamu melakukan SEO pada website tentu saja kamu memiliki tujuan utama yang harus di wujudkan ya?
Nah lalu apa tujuan utama kamu buat website?
Apa buat menaikkan trafik penjualan? Atau punya memiliki tujuan lainnya?
Apapun tujuan kamu, tetep saja kamu perlu menentukan tujuan bisnis kamu sespesifik mungkin pada saat menentukan tujuan utama Anda. Nah itulah yang disebut Niche.
Apakah Niche website kanu tentang Teknologi? Atau Pendidikan misalnya? Nah sebelum membuat website untuk di Optimasi, tentukan terlebih dahulu Niche bisnis kamu. Supaya kedepannya lebih mudah untuk bagaimana cara memilih keyword SEO itu sendiri.
Gunakan Alat / Tools untuk Riset Keyword SEO
Menemukan kata kunci yang relevan dengan pencarian target untuk pengguna sebenarnya mudah. Gunakan tools kata kunci seperti Google Keyword Planner untuk menemukan kata kunci potensial yang dapat membantu meningkatkan trafik website kamu di mesin pencari.
Tools tersebut cukup membantu kamu dalam menemukan kata kunci yang relevan dan memiliki volume pencarian atau Search Volume.
Melibatkan tools untuk riset keyword SEO saat kamu mencari kata kunci adalah keputusan yang tepat, karena ini dapat membantu kamu menemukan kata kunci yang relevan.
Tidak hanya itu karena jika kamu menggunakan kata kunci yang tepat dan memiliki volume pencarian dapat membantu mendatangkan konten berkualitas.
Buat List Kata Kunci Target
Setelah kamu mengumpulkan kata kunci potensial, buatlah list (daftar) kata kunci target yang terdiri dari kata kunci yang relevan dengan topik Anda. List kata kunci ini juga dapat digunakan untuk segmen pasar tertentu. List dalam jenis keyword ini misalnya:
- Market Segment Keyword. Adalah kata kunci yang sifatnya umum dan luas tetapi membahas brand atau jenis bisnis tertentu. Misalnya ‘Makanan bayi’ yang menyasar pasar spesifik, yaitu calon konsumen yang mencari pakaian bayi.
- Customer Defining Keyword. Jenis ini lebih spesifik lagi dan menargetkan konsumen yang mencari produk tertentu. Misalnya ‘makaknan bayi umur 6 bulan.
- Product Keyword, mencantumkan merek produk secara langsung. Pengguna yang mencari dengan kata kunci ini biasanya sudah memiliki niat membeli. Namun menginginkan informasi lebih dalam sebelum melakukan transaksi. Misalnya ‘Promina Bubur Bayi’.
- Branded Keyword. Berbeda dengan product keyword, kata kunci ini menyebutkan jenis produk diikuti oleh mereknya. Seperti ‘Makanan Bayi Promina.
- Geo-Targeted Keyword, menekankan pada spesifikasi tempat. Seperti ‘cari penginapan murah di Jakarta.
Posisikan Kamu Seperti Pelanggan
Jika kamu memposisikan dirimu menjadi pelanggan, ini akan memudahkan kamu menemukan kata kunci yang sama seperti pelanggan gunakan.
Meskipun tidak 100% akurat ya..
Tapi ini penting.
Karena kamu tau apa yang akan diketikan oleh pelanggan melalui mesin pencarian saat mereka ingin menemukan produk / konten yang kamu sediakan.
Semakin banyak Anda tahu tentang apa yang dicari audiens target Anda dan mereka mengetikan kata kunci di mesin pencari, semakin bagus untuk kelengkapan konten Anda. Tentu saja ini bagus untuk meningkatkan peringkat sekaligus mendatangkan orang-orang yang tepat sasaran.
Analisis Saingan Kamu
Ssstttt…
Cara mudah memilih keyword SEO yang tepat selanjutnya adalah menganalisis saingan kamu.
Manfaat dari memeriksa saingan mu itu kamu jadi tahu konten seperti apa yang di sukai mesin pencari dan pengguna.
Dan ini juga bisa menjadikan ide untuk membuat konten diwebsite kamu dengan kata kunci yang relevan.
Cara analisis pesaing kamu adalah bisa melalui website pesaing mu. Â Caranya iyalah:
- Pilihlah beberapa pesaing dan lihat kata kunci apa yang mereka gunakan untuk menarik lebih banyak traffic ke situs websitenya.
- Baca konten mereka dan perhatikan kata kunci atau frasa yang mereka gunakan serta perhatikan cara mereka memberikan solusi kepada pembaca.
- Mengamati kata kunci yang digunakan oleh kompetitor kamu dapat memberikan riset kata kunci bahkan melengkapi kata kunci yang potensial untuk website kamu.
Dengan membaca konten milik pesaing dapat membantu Anda untuk menyajikan konten yang lebih baik dengan ide kata kunci yang sama dengan pesaing Anda. Ini juga dapat membantu Anda lebih unggul dari segi kualitas dan peringkat mesin pencari.r
Sesuikan Volume Pencarian (Search Volume)
Pilih kata kunci yang memiliki tingkat persaingan yang sedang atau seimbang. Kata kunci yang terlalu umum cenderung memiliki tingkat persaingan yang tinggi, sementara kata kunci yang terlalu spesifik dapat memiliki tingkat persaingan yang rendah tetapi kurang populer.
Pertimbangan dan analisis untuk memilih keyword bisa kamu lanjutkan dengan melihat tren dari keyword tersebut.
Untuk melakukan hal ini, kamu bisa mengandalkan tools Google Search Console. Lihatlah bagaimana proses kata kuncimu memiliku perubahan grafiknya dari waktu ke waktu.
Bila keyword yang kamu gunakan ternyata semakin meningkat grafiknya, maka keyword tersebut bisa menjadi pilihan.
Begitu pula bila grafiknya cenderung stagnan atau sedikit naik turun, keyword tersebut bisa jadi pertimbangan. Tapi kalau grafiknya anjlok atau kecil, maka pertimbangkan untuk mencari alternatif untuk optimasi kembali kata kunci yang kamu punya.
Buat Strategi Konten dari Keyword Target
Memilih keyword yang ditargetkan memang perlu analisis yang baik. Kemampuan untuk mengoperasikan tools serta pemahaman akan istilah-istilah dalam penerapan SEO juga menjadi hal yang tak kalah penting. Namun, semuanya bisa kok untuk kamu pelajari.
Nah cara memilih keyword SEO kamu adalah gunakan daftar keyword target kamu untuk menciptakan strategi konten yang efektif.
Buatlah konten yang relevan dengan topik dan kata kunci target Anda. Pastikan konten Anda mengandung kata kunci yang sudah ditargetkan, namun jangan berlebihan dalam penggunaannya. Dikhawatirkan akan menyebabkan kata kunci anda dianggap Spam.
Kesimpulan
Apapun website yang kamu jalani saat ini tentu saja membutuhkan kata kunci dalam websitemu, apalagi jika kamu menggunakan keyword SEO yang tepat.
Nah semoga artikel ini dapat membantu kamu bagaimana cara memiliih keyword SEO yang relevan.
Jika kamu butuh bantuan terkait bagaimana cara memilih Keyword SEO, jangan sungkan untuk menghubungi kami. Kami memiliki Konsultan SEO yang siap untuk menemukan keyword-keyword relevan terkait usaha kamu yang memiliki Niche tertentu
Atau untuk butuh keyword apa yang cocok dengan artikel diwebsite atau toko online kamu.
Jangan khawatir..
Kami juga memiliki jasa artikel seo yang berpengalaman dalam bidangnya. Dengan menggunakan Konsultan SEO atau Jasa Penulisan Artikel SEO Friendly, kamu  tidak perlu dipusingkan dengan seluruh proses SEO yang kata orang agak Riweuh sih
FAQ Tentang Cara Memilih Keyword SEO
[sc_fs_multi_faq headline-0=”h3″ question-0=”Bagaimana cara menentukan keyword?” answer-0=”Membuat daftar topik berdasarkan apa yang ingin disampaikan, Memanfaatkan media sosial untuk mencari tahu topik yang sedang dibicarakan, Coba melihat auto-suggest yang ditampilkan Google, Melihat ranking keyword kompetitor, Menentukan keyword dari feedback konsumen.” image-0=”” headline-1=”h3″ question-1=”Bagaimana cara memilih kata kunci yang benar?” answer-1=”Berfikir Seperti Pelanggan, Pelajari Kompetisi, Pahami Long Tail Keyword, Gunakan Tools Riset Keyword, Analisa Hasil.” image-1=”” headline-2=”h3″ question-2=”Apa itu keyword Seberapa penting keyword dalam SEO?” answer-2=”Keyword adalah kata kunci atau frasa yang digunakan dalam konteks optimisasi mesin pencari (SEO) atau pemasaran online untuk membantu mesin pencari memahami dan menghubungkan konten dengan permintaan pencarian pengguna.” image-2=”” headline-3=”h3″ question-3=”Kenapa kita harus riset keyword?” answer-3=”Keyword research dapat mengungkap kueri yang ditargetkan, volume pencarian, tingkat kesulitan, dan banyak lagi. Keyword research penting untuk menemukan apa yang pengguna cari di search engine, sehingga kita dapat menghindari pembuatan konten yang tidak relevan dengan apa yang dicari oleh pengguna.” image-3=”” count=”4″ html=”true” css_class=””]