SEO Off Page

5 Strategi Manajemen Reputasi Online untuk SEO Apa Saja?

Saat ini semua lembaga, instansi, organisasi, bahkan individu memiliki reputasi online (online reputation) dalam dunia maya. Reputasi atau nama baik berdampak pada karier, kepercayaan, kredibilitas, dan tentu saja penjualan atau kemajuan perusahaan (dalam konteks bisnis). Bahkan semua hal itu membutuhkan strategi manajemen reputasi online.

Kita dengan mudah bisa mengecek reputasi online dengan mengetikkan nama kita atau nama lembaga kita di Google dan mesin pencari lainnya, juga di kotak pencarian media sosial. Strategi manajemen online sendiri adalah salah satu bagian dari teknik SEO Off Page. Silakan baca artikel kami tentang: 4 Strategi dan Contoh SEO Off Page yang Wajib Kamu Ketahui

Reputasi Online sendiri sudah ada di halaman hasil pencarian yang muncul seperti berita, data, atau hal apapun yang pengguna internet bicarakan tentang kita. Jika nama Temen-temen tidak muncul sama sekali, bisa dikatakan Temen-temen tidak memiliki reputasi online dan itu sebenarnya lebih baik daripada reputasi buruk Ya kan…

Nah jadi ada pertanyaan nih.. Apa itu strategu manajemen reputasi online dan bagaimana mengelolanya?

Jadi.. Berikut ini kami bahas tetnang tentang Manajemen Reputasi Online atau Online Reputation Management (ORM).

Pengertian Manajemen Reputasi Online

Manajemen Reputasi Online (MRO) atau nama lainnya Online Reputation Management (ORM) merupakan cara atau strategi untuk membangun dan merawat nama baik merek (brand) atau nama seseorang di dunia maya.

Manajemen Reputasi Online adalah strategi penting untuk memastikan reputasi seseorang maupun bisnis dianggap positif atau mempertahankan dari hal yang negatif.

Manajemen Reputasi Online ditujukan untuk menciptakan persepsi publik yang positif tentang merek bisnis (lembaga) atau individu. Manajemen reputasi mencakup pemantauan reputasi, menangani konten yang dapat merusak nama baik merek, dan menggunakan strategi untuk mencegah dan menyelesaikan masalah yang dapat merusak reputasi.

Strategi Manajemen Reputasi Online dalam SEO lebih mengacu pada usaha untuk mengelola link atau tauan di media sosial dan hasil pencarian sebuah brand di mesin pencarian. Dengan tujuan mengoptimasi bagian SEO Off Page.

Langkah ini sangat penting dalam sebuah bisnis, sebab seiring berkembangnya teknologi, media sosial telah berubah menjadi pisau bermata dua yang dapat membangun atau menghancurkan sebuah brand.

Manajemen Reputasi Online mengupayakan agar apa yang ditinggalkan pengguna maupun pelanggan di dunia maya adalah hal-hal positif.

Selain itu, Manajemen Reputasi Online juga memastikan bahwa link dari suatu website yang tersaji seperti alamat URL, isi konten, dan lainnya akurat sehingga wesbite mu mudah ditemukan.

Dengan Manajemen Reputasi Online yang terjaga dengan baik, bisnis dapat berkembang secara positif dan memperoleh lebih banyak keuntungan.

Singkatnya, Manajemen Reputasi Online adalah tentang memantau dan mengelola reputasi merek Temen-temen di seluruh website, tentang memastikan bahwa bisnis Temen-temen terwakili dengan benar dan bahwa calon pelanggan mendapatkan kesan yang luar biasa tentang siapa Temen-temen dan apa yang Temen-temen lakukan.

Mengapa Manajemen Reputasi Online Penting?

Sebuah studi menyatakan 78% responden menganggap pencarian di internet mengenai sebuah bisnis ataupun individu di internet sebelum memulai interaksi adalah hal penting.

Studi tersebut juga menyimpulkan 74% orang akan mengurungkan niat untuk melakukan interaksi dengan bisnis, perusahaan, atau individu jika menemukan komentar negatif di internet.

Dengan 71% konsumen memulai perjalanan pelanggan mereka dengan pencarian Google, tidak ada bisnis yang mampu muncul di halaman pencarianyang tampak tidak dapat dipercaya dan tidak bereputasi.

Orang-orang ini biasanya memberikan rating serta review bagi perusahaanmu, meninggalkan komentar tentang layanannya di media sosial, dan cara-cara lainnya yang dapat seseorang lakukan di internet.

Reputasi online yang positif dapat memiliki dampak yang signifikan pada kesuksesan seseorang atau organisasi. Reputasi yang baik dapat membawa peluang bisnis yang lebih banyak, kemitraan, dan bahkan penawaran kerja. Di sisi lain, umpan balik online yang negatif dapat mengakibatkan hilangnya bisnis dan merusak merek seseorang.

Manajemen Reputasi Online terutama penting untuk bisnis yang mengandalkan ulasan online dan umpan balik pelanggan. Ulasan atau komentar negatif dapat dengan cepat menyebar melalui media sosial dan merugikan reputasi bisnis. Sebaliknya, ulasan positif dapat menarik pelanggan baru dan membangun loyalitas merek.

Strategi Manajemen Reputasi Online

Strategi manajemen reputasi online tidak jauh berbeda dengan strategi pemasaran online atau kehumasan online, yaitu optimalisasi website, media sosial, dan semua perangkat digital yang tersedia untuk membangun citra lembaga atau brand bisnis.

Hanya saja, manajemen reputasi online lebih fokus ke pemeliharaan nama baik atau citra. Media monitoring memainkan peran lebih karena pihak humas/marketer harus memantau pemberitaan atau perbincangan terkait lembaganya.

Berikut ini strategi manajemen reputasi Online. Fokusnya adalah pada bagaimana Temen-temen mengelola dan mengoptimasi isi konten di media sosial, mulai dari Manajemen ulasan, hingga Manajemen Krisis.

Buat Strategi Manajemen Ulasan Online yang Efektif

Ulasan juga dapat memberi temen-temen kesempatan untuk mengidentifikasi kekurangan dalam bisnis atau operasi temen-temen. Pada gilirannya, mereka dapat menginformasikan pesan merek dan strategi pemasaran Anda. Anda pasti pernah mendengar Manajemen Reputasi Online, ini adalah terminologi payung yang lebih besar untuk menjaga persepsi konsumen terhadap suatu merek. Ini termasuk media sosial, visibilitas pencarian, pemasaran ulasan, dan juga strategi pembuatan, tetapi manajemen ulasan adalah elemen kunci.

Jika temen-temen ingin lebih aktif dalam mengelola reputasi merek Anda, strategi manajemen ulasan yang ada merupakan langkah pertama yang penting.

Karena ulasan online sangat lazim, wajar jika temen-temen khawatir tentang apa yang mungkin dikatakan orang tentang temen-temen  dan apakah itu menodai nama temen-temen. Banyak yang mencari strategi manajemen ulasan online melakukannya karena mereka berharap untuk menghapus atau mengurangi ulasan negatif. Jadi, apa yang dapat temen-temen harapkan dari strategi manajemen ulasan online?

  • Poin Utama yang menjadi fokus untuk membuat Strategi Manajemen Ulasan Online

Mendorong ulasan positif di situs populer seperti TikTok, Instagram, Twitter, Ulasan Google, Facebook, atau WhatssApp melalui penjangkauan pelanggan yang terfokus, tetapi tanpa penyuapan.

  • Siapkan Protokol Untuk Memantau Dan Menanggapi Ulasan Online.

Menghapus ulasan negatif jika memungkinkan (jika ulasan tersebut melanggar persyaratan layanan atau mempromosikan kebohongan yang sah, adalah alasan penghapusan yang paling umum diterima. Jika ulasan negatif dan jujur, strategi temen-temen harus lebih proaktif).

Periksa Pemantauan Merek (Brand Awareness)

Jika ada review atau konten negatif yang memuat informasi tidak benar, hal yang bisa dilakukan adalah berusaha menaikkan konten positif tentang perusahaan atau brand-mu dimesin pencari. Beikut ini cara bagaimana memeriksa pemantauan merek (Brand Awareness)

  • Jadilah Transparan

Berikan informasi yang jelas dan jujur tentang produk atau layanan yang temen-temen tawarkan. Hindari klaim yang berlebihan atau menyesatkan. Dengan menjadi transparan, Anda membangun kepercayaan dengan pengguna online dan memperkuat hubungan positif.

  • Sediakan Konten yang Berkualitas

Pastikan konten yang Anda sajikan kepada pengguna online berkualitas. Sediakan informasi yang berguna, relevan, dan up-to-date. Dengan memberikan konten yang bernilai, temen-temen bisa memperkuat hubungan positif dengan pengguna merk yang temen-temen optimasi dan membangun reputasi sebagai sumber informasi yang dapat diandalkan.

  • Bangun Komunitas

Bangun komunitas online di sekitar merek atau bisnis Anda. Dukung interaksi dan kolaborasi antara pengguna online. Sediakan platform atau saluran komunikasi di mana pengguna dapat saling berbagi pengalaman, memberikan umpan balik, atau bertukar ide.

Dengan membangun komunitas yang kuat, Anda memperkuat hubungan positif dengan pengguna online dan meningkatkan loyalitas mereka. Hal ini juga memperkuat SEO Off Page nya jadi bisa mudah dioptimasi.

Sehingga, konten dengan review tidak akurat bisa turun posisinya. Hal ini bisa dilakukan dengan meningkatkan traffic, melakukan backlinking, dan membuat konten yang baik serta mengundang komentar atau ulasan yang positif juga.

Sementara, jika memang banyak konten objektif yang menyatakan review buruk, berarti perusahaanmu perlu meningkatkan kualitas produk atau layanannya lagi.

Setelah itu, lakukan rebranding  atau bangun kembali kesadaaran merk bisnis di blog atau website temen-temen yang kuat agar menerima respons yang lebih positif.

Ajak untuk Testimoni Online

Strategi lain dari SEO Off Page adalah testimoni online dari customer yang menggunakan bantuan hasil review dari customer untuk memberikan rasa percaya dan tertarik bagi pengunjung atau calon pelanggan baru. Semakin bagus hasil testimoni onlinenya maka SEO Off Page semakin bagus pula. Cara nya ialah:

  • Ajak Customer (Pelanggan) untuk Meninggalkan Ulasan

Aktif mengajak customer untuk meninggalkan testimoni dapat memberikan dampak positif pada reputasi online Anda. Permintaan ulasan secara langsung melalui email, sosial media, atau di tempat fisik bisnis Anda. Berikan insentif atau imbalan yang sederhana sebagai apresiasi untuk ulasan yang ditinggalkan. Ulasan yang lebih banyak akan memperkuat reputasi online Anda dan memberikan pandangan dari berbagai perspektif.

Perlindungan dari SEO negatif

Artinya monitor dan optimasi jika ada yang bersifat negatif. Karena Orang-orang selalu membicarakan brand atau perusahaan di internet, khususnya media sosial. Oleh karena itu, temen-temen harus selalu memperhatikan dan mendengarkan apa yang kompetitor lain kerjakan.

Ketika ada link atau tautan yang cenderung bersifat negatif, seperti mendapatkan Backlink Judi atau terkena Hacking. Segeralah berusaha untuk menyelesaikan masalah tersebut sebagai upaya online management reputation.

Tetap tenang dan objektif saat menghadapi ulasan negatif. Segera tanggapi dengan buat laporan backlink ke mesin pencari seperti Google, atau jika terkena Hacking segera  masuk ke Hosting melalui cPanel. Kemudian masuk ke File Manager.

Cek file website anda. Apakah ada yang beda? Pastikan file index sudah benar. Biasanya hacker hanya mengganti file index.php nya saja. Apabila setelah diganti, website masih belum kembali maka silahkan kirim email ke support dari Hosting yang bersangkutan

Lakukan Manajemen Krisis

Solusi manajemen isu dan krisis sangat dibutuhkan oleh perusahaan yang diterpa badai, berita miring maupun kampanye hitam yang dilakukan oleh pihak ketiga atas konsekwensi kebijakan yang tidak popular atau krisis manajemen yang terjadi terhadap nama perusahaan, merek produk, layanan jasa, nama tokoh, pejabat hingga public figur. Nah Pertanyaannya bagaimana melakukan manajemen krisis dalam SEO Off Page, berikut ini langkahnya:

  • Kelola Link dan Konten dengan Bijak

Link dan Konten memiliki dampak besar pada reputasi online Anda. Buat konten dengan sikap positif dan berempati. Berikan konten yang relevan dan berbobot untuk menunjukkan kesediaan temen-temen sebagai SEO Specialist untuk memperbaiki masalah dan memberikan pengalaman yang baik kepada pengguna.

  • Berikan Dukungan Pelayanan Pelanggan yang Baik

Pastikan tim pelayanan pelanggan Anda dilengkapi dengan pengetahuan dan keterampilan yang baik. Sediakan pelatihan yang diperlukan agar mereka dapat memberikan layanan yang baik dan responsif. Dukung pelayanan pelanggan yang baik dengan sistem pelacakan masalah dan penyelesaian yang efisien. Pelayanan pelanggan yang baik membantu membangun hubungan positif dengan pengguna online.

Temen-temen nih Apakah penegn reputasi online bisnis nya perlu diperkuat? Kami siap membantu dengan strategi manajemen reputasi online yang efektif. Sebagai ahli dalam SEO Off Page, kami menawarkan Konsultan SEO yang dapat meningkatkan citra dan otoritas bisnis temen-temen di dunia digital. Dengan bantuan tim ahli kami, kamu akan mendapatkan link berkualitas tinggi yang meningkatkan peringkat di mesin pencari.

Selain itu, kami juga memiliki jasa penulis artikel SEO yang akan menciptakan konten yang relevan dan menarik bagi audienskamu. Dengan kombinasi strategi reputasi online dan SEO Off Page, temen-temen akan memperoleh keunggulan kompetitif yang tak tertandingi.

FAQ Untuk Strategi Manajemen Reputasi Online

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h3″ question-0=”Apa itu Manajemen reputasi Online?” answer-0=”Apa Itu Online Reputation Management? Menurut Reputation, online reputation management (ORM) adalah cara perusahaan atau brand berinteraksi dengan pengguna yang mencari perusahaan atau bisnismu lewat mesin pencarian online.” image-0=”” headline-1=”h3″ question-1=”Apa yang dimaksud dengan manajemen reputasi?” answer-1=”Manajemen reputasi menurut definisi tersebut adalah proses mengatur atau mengendalikan persepsi masyarakat dalam mengambil keputusan atau penilaian terhadap perusahaan yang bersangkutan untuk memperoleh reputasi yang baik dan dilakukan oleh public relations.” image-1=”” headline-2=”h3″ question-2=”Apa itu reputasi dan contohnya?” answer-2=”Reputasi adalah kedudukan strategis orang, produk, merek, perusahaan atau organisasi di mata seseorang. Seseorang yang menikmati reputasi baik pasti lebih disukai dan lebih baik untuk mengambil peran kepemimpinan. Seseorang dengan reputasi buruk adalah seseorang yang telah membuat beberapa pilihan buruk.” image-2=”” headline-3=”h3″ question-3=”Apa itu ORM digital marketing?” answer-3=”Online Reputation Management (ORM) merupakan strategi mengontrol aktivitas digital dan feedback terhadap suatu brand. Bersama dengan SEO, ORM bertujuan agar brand dapat berinteraksi dengan pengguna yang mencari perusahaan lewat mesin pencari.” image-3=”” count=”4″ html=”true” css_class=””]

Back to top button

Adblock Terdeteksi

Untuk menikmati pengalaman membaca artikel Partner Tech, silahkan matikan fitur adblock dari browser anda. Terimakasih